Jika ada anak lahir pada hari Sabtu, maka jika akan mendirikan rumah supaya menghadap utara, manuk'annya (burungnya) gagak, lautnya nila, negaranya wesi dan kayunya beringin. Wataknya sempit hati, jika menderita sakit yang dirasa perut. Obatnya berambang putih insya Allah lekas sembuh, jika selamatan, maka nabi Adam yang disanjung.

Jika ada anak lahir pada hari Ahad, maka manuk'annya alap-alap, lautnya minuman, negaranya tembaga, kayunya kuda. Nabinya Musa dan wataknya kuat. Jika mendirikan rumah, maka sebaiknya menghadap ke timur, jika selamatan yang disanjung nabi Musa, jika sakit yang dirasa seluruh badannya dan obatnya daun lombok dan minyak wangi ditempelkan pada ubun-ubun kepala dengan dibacakan shalawat atas nabi Muhammad SAW tiga kali, kemudian ditiupkan pada mata, serta obat ada yang diminumkan disertai bacaan shalawat Insya Allah lekas sembuh.

Jika ada anak lahir pada hari Senin, maka nabinya Ibrahim, manuk'annya betet, lautnya selaka, kayunya beringin, sakitnya panas dingin, obatnya daun turi merah, kayu manis dan berambang merah dan asam digosokkan seluruh badan Insya Allah lekas sembuh, jika selamatan yang disanjung nabi Ibrahim.

Jika ada anak lahir pada hari Selasa, maka nabinya Yunus, manuk'annya selendit, jika mendirikan rumah sebaiknya menghadap utara, negaranya besi, lautnya emas, jika sakit maka yang dirasa pusar dan obatnya bawang putih ditumbuk halus lalu ditempelkan pada kepala. Jika selamatan yang disanjung nabi Yunus.

Jika ada anak yang lahir pada hari Rabu, maka nabinya Nuh, manuk'annya garuda, lautnya selaka, negaranya besi, kayunya kuda. Wataknya anak tersebut mempunyai penyakit dalam dan obatnya minyak kelapa hijau dengan dibacakan shalawat tujuh kali Insya Allah lekas sembuh. Jika selamatan yang disanjung nabi Nuh.

Jika ada anak yang lahir pada hari Kamis penuntunya dewi Fatimah. Jika laki-laki memperoleh ilmu dan jika perempuan akan berbakti pada suaminya, jika mendirikan rumah sebaiknya menghadap timur, manuk'annya podang, lautnya emas, kayunya beringin, negaranya selaka. Watak anak tersebut sempit hati, jika sakit yang dirasa dikepala dan obatnya bawang putih dan minyak wangi dioleskan atau diminumkan. Jika selamatan nasi golong lauknya ayam putih dipanggang sebagai tolak sakit.

Sumber : milis yahoogroups