Impotensi, ketidakmampuan mencapai atau menahan ereksi merupakan kondisi umum yang diderita oleh jutaan pria di dunia. Hal ini dikaitkan dengan faktor psikologi termasuk stress dan depresi atau faktor non psikologi seperti diabetes, kerusakan saraf akibat alkohol atau merokok.
Berkurangnya suplai darah ke penis dapat menjadi efek samping tekanan darah atau pengobatan antidepressant. Menurut suatu penelitian yang dilakukan oleh Impotence Association ditemukan 21% impotensi terjadi pada sebagian besar pria akibat hubungan dan stress.
Ada lima pengobatan alami untuk membantu mengurangi stress, meningkatkan aliran darah dan menempatkan kembali potensi kehidupan seks.

Ginkgo biloba
Ekstrak dari daun ginkgo biloba ini disarankan untuk masalah sirkulasi, tingkat energi yang rendah dan kelelahan. Peranan ginkgo dalam mengatur sirkulasi dapat membantu penyembuhan impotensi. Dosis yang disarankan 40-80 mg, tiga kali sehari.

Ginseng
Di Cina dikenal sebagai “male remedy”, ada bukti bahwa ginseng dapat berperan banyak dalam meningkatkan vitalitas dan melindungi pengaruh stress. Ginseng diyakini dapat meningkatkan kapasitas tubuh bagi mental dan fisik dengan mengeluarkan cortisol dan adrenaline yang dapat memicu stress. Dosis yang disarankan 150mg, tiga kali sehari.

Refleksi
Para ahli refleksi mengklaim mereka dapat membantu impotensi dalam dua cara. Dengan menggunakan ibu jari yang ditekan pada titik refleksi tertentu atau melalui aliran energi yang dapat ditemukan didalam dan luar pergelangan kaki.
Meskipun refleksi tidak digunakan secara luas bagi pria impoten, ahli refleksi Ann Gillanders mengatakan tidak ada alasan mengapa refleksi tidak dapat membantu masalah. Impotensi diakibatkan oleh stress yang berakibat kurangnya suplai darah ke penis. Dengan merangsang titik refleksi tertentu, suplai darah yang meningkat seharusnya memacu ereksi.

Kayu manis, jahe dan cengkeh
Para ahli herbal percaya dengan memakan rempah-rempah ini akan menghangatkan darah, memacu sirkulasi darah di sekitar tubuh termasuk penis. Meskipun belum ada bukti klinis herbal tersebut dapat menyembuhkan impotensi, tetapi masyarakat kuno jaman dulu telah menggunakannya untuk menghangatkan darah selama berabad-abad. Dosis yang dianjurkan 1/4 sampai 1 gram bubuk kayu manis, jahe dan cengkeh, tiga kali sehari.

Berhenti merokok
Menurut penelitian di Amerika para perokok hampir dua kali kemungkinan terkena impotensi dibanding yang bukan perokok. Dalam jangka pendek setiap kali nikotin terisap dalam darah dapat mempersempit selaput dan menghambat aliran darah yang penting untuk memacu ereksi.
Penelitian yang dilakukan oleh Action on Smoking and Health (ASH) dan British Medical Association menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan resiko disfungsi ereksi sebanyak 50 persen pada pria berumur 30 dan 40 tahun.