Jika ada pepatah, bergurulah ilmu sampai ke negeri China, kini tampaknya bukan hanya ilmu saja yang diburu, tetapi berburu obat penyakit juga dilakukan oleh banyak pasien.

Fenomena yang terjadi belakangan ini, banyak pasien penyakit berat lebih memilih berobat ke penyembuhan alternatif, terutama ke klinik penyembuhan China. Selain menurut mereka lebih murah, metode penyembuhan yang diberikan juga relatif lebih aman.

Yusuf, misalnya. Pria yang telah berusia 62 tahun ini mengaku selama tiga tahun belakangan terserang stroke ringan.

Akibat penyakit itu, tubuh bagian kirinya mengalami kelumpuhan total. Setelah berobat ke sebuah rumah sakit di Jakarta, kondisi Yusuf mengalami sedikit kemajuan. Tetapi kemajuan itu tidak berlangsung lama, karena setahun belakangan tubuhnya mengalami gemetar terus menerus.

"Gejalanya hampir seperti penyakit parkinson, sehingga sangat mengganggu saat beraktivitas," kata Yusuf kala ditemui Bisnis saat berobat di klinik Beijing Tong Ren Tang, klinik penyembuhan China di kawasan Menteng, Jakarta.

Setelah dokter memvonis tidak mampu lagi mengobati gejala gemetar itu, dirinya pun berobat ke klinik Tong Ren Tang.

Dan ternyata hasilnya sungguh menakjubkan. Selain gemetarnya telah hilang, kini penyakit strokenya berangsur-angsur berkurang setelah dirinya berobat sebanyak tujuh kali ke klinik itu.

"Untuk kasus Pak Yusuf, metode yang kami gunakan adalah akupunktur dan pemberian resep herbal," kata France Chandra, Deputy Operations Manager klinik Tong Ren Tang.

Selain metode pengobatan dengan pemberian resep herbal dan akupunktur, Tong Ren Tang juga menggunakan metode pengobatan yang diistilahkan dengan Tuina.

Metode Tuina adalah penyembuhan ala Tiongkok untuk mengembalikan struktur tulang yang bermasalah supaya kembali pada posisi semula. Untuk mencapai hasil itu, beberapa teknik dilakukan seperti menarik, mendorong, menggetarkan, menekan, memutar, melipat, dan lain sebagainya.

Seperti apa rasanya?
Christi,12, penderita Scoliosis atau yang lazim dikatakan dengan penyakit tulang belakang bungkuk mengatakan bahwa selama dirinya menjalani terapi Tuina, dirinya tidak pernah merasakan sakit.

Bahkan murid sekolah dasar kelas enam ini mengatakan bahwa banyak perubahan setelah melakukan terapi setelah enam kali terapi. Punggungnya yang semula bengkok ke kiri, kini telah hampir sempurna lurus kembali.
"Semua dokter klinik penyembuhan China juga menguasai ilmu penyembuhan Barat, sehingga dalam praktiknya digabungkan dengan metode penyembuhan tradisional China yang memang sudah dikenal selama lebih dari 3.000 tahun yang lalu," kata France.

Selain beberapa penyakit seperti stroke, scoliosis, darah tinggi atau hipertensi, jantung, gagal ginjal, infertilitas, dan penyakit berat lainnya, ada juga beberapa penyakit berat lain yang dikatakan belum ada obatnya bisa diatasi dengan metode penyembuhan dari klinik ini.

"Penyakit seperti sirosis atau pengerasan sel hati atau yang biasa dikatakan sebagai penyakit lever tahap akhir yang katanya belum ada obatnya ini juga pernah disembuhkan di klinik kami," ujarnya.

Mengenai metode penyembuhan yang dilakukan, General Manager Tong Ren Tang, Liem Sian Tie mengatakan bahwa semua staf dokter yang menangani pasien di klinik ini juga dibekali dengan pendidikan kedokteran ala Barat.

Namun, dalam praktiknya, mereka lebih menggunakan metode penyembuhan China yang relatif lebih aman bagi pasien.

"Obat-obat yang digunakan dari bahan natural, sehingga relatif lebih aman bagi tubuh pasien. Demikian juga dengan metode pengobatannya," kata Liem.

Di klinik Tong Ren Tang, ada tiga dokter yang berpraktik. Metode yang sama juga ditawarkan oleh Hwato Traditional Chinese Medicine Center. Klinik yang berada di gedung Granadi, kawasan Kuningan ini juga menawarkan beberapa metode penyembuhan khas China yang diperoleh dari pendidikan formal dari universitas di negara tersebut.

Metode yang ditawarkan antara lain Tjen Jiu, Tuina, Capping, Mei Hua Zhen, dan Huo Zhen.
Metode Tjen Jiu adalah penyembuhan akupunktur seperti yang telah banyak diketahui oleh masyarakat, sedangkan Tuina sama dengan klinik yang lain yaitu metode penyembuhan yang hampir mirip dengan pijat.
 
Sumber: Majalah Nirmala