Para dokter memperkirakan bahwa gangguan susunan saraf pusat atau otak merupakan salah satu penyebab ayan atau epilepsy. Rasa gembira yang berlebihan, rasa sedih yang mendalam, gangguan sembelit dan minuman yang banyak mengandung alcohol ternyata bisa mempercepat serangan ayan.

Penyakit ayan yang hebat dan berat disebut grandmal atau yang biasa disebut orang dengan nama petirmal. Ada juga factor keturunan dari penyakit ini. Jika serangan ayan datang longgarkanlah pakaian yang melekat dibadan terutama pada leher bajunya. Buka mulutnya dan masukan sapu tangan atau kain bersih yang digulung diantara kedua belah giginya. Ini bertujuan supaya lidah tidak tergigit. Jagalah supaya sipenderita untuk tidak melukai dirinya.

Setelah tingkat serangan yang hebat berlalu, selimuti badannya sampai ia sadar kembali. Jauhkan ia dari air dan api. Jangan diberi makan berlebihan, berikan makanan sederhana dan yang mudah dicerna. Berilah tiap hari air susu, sayuran dan buah-buahan yang masak di pohon. Usahakan ia bisa membuang air besar dan kencing tiap hari.

Untuk mengobati penyakit ayan, ada beberapa ramuan seperti dibawah ini :
  1. Ambil daun pegangan atau kaki kuda yang sudah kering. Tumbuklah sampai halus, ambil 1 sendok makan terus seduh dengan air mendidih 3/4 gelas dan tambahkan madu 1 sendok makan. Setelah hangat-hangat kuku minumkan pada sipenderita sebagai pengganti minum the. Ini dilakukan beberapa hari bilamana si sakit merasa haus.
  2. Ambilah buah seplukan yang sudah masak sebanyak 8 atau 10 buah, terus cuci bersih. Berikan pada sisakit untuk dimakan sehari 3x sepuluh buah.
  3. Ambil daun meniran 3/4 genggam dicuci bersih terus direbus dengan air bersih 3 gelas sampai mendidih hingga 3/4 nya. Setelah dingin terus diminum ditambah dengan madu secukupnya. Lakukanlah 3 x sehari secara rutin.