Yoga memang tak ubahnya dengan meditasi. Secara umum, yoga adalah meditasi dalam gerak sebab dalam yoga pikiran kita dilatih untuk melihat ke dalam diri sendiri.
Masyarakat kota besar saat ini sudah menikmati materi dan berbagi fasilitas di kota seperti Jakarta. Namun, di sisi lain mereka juga harus bekerja keras untuk mendapatkan semua itu. Kenyataan itulah yang membuat masyarakat perkotaan mudah terhinggapi cemas, kadang-kadang merasa kurang kuat atau kurang sehat.


Ada permasalahan yang tak dapat mereka atasi. Mungkin belum bosan dengan hal-hal materi, tetapi mencoba solusi untuk dapat energi mereka kemabali. Salah satu jalan yang ditempuh, mereka pun mengikuti berbagai aktivitas olah tubuh seperti yoga. Selain mendapatkan kebugaran secara fisik, yoga disebutkan memberikan manfaat untuk sehat secara emosional dan spiritual.
Fenomena ini terjadi di berbagai penjuru dunia. Tak heran, secara komersil, yoga pun menjadi makin mahal. Namun, anehnya, semakin mahal, semakin dicari. Padahal, di negara asalnya, jauh sekali dari kesan mahal.
Efek Terapis
Latihan yoga memang bukan sekedar berolah tubuh. Yoga juga mengolah pernapasan, gerak dan konsentrasi. Olah pikiran tidak hanya terlatih saat latihan pernapasan, tetapi juga konsentrasi tatapan mata saat beryoga.
Ketika beryoga, tatapan mata harus berkonsentrasi pada satu titik. Itu bagian dari meditasi. Pikiran kita dilatih untuk melihat ke dalam diri sendiri. Jadi bisa disebut, yoga adalah meditasi dalam gerak.
Banyak orang masih menganggap gerakan yoga itu identik dengan akrobat. Kepala dibawah dengan kaki lurus ke atas, badan ditekuk-tekuk atau kaki disangkutkan di leher. Padahal yoga yang benar adalah gerakan yang luwes, tidak memaksakan diri, terasa nyaman dan mudah. Semua gerakan terlihat selasar dengan konsentrasi seperti seorang penari. Disinilah terbukti yoga memang meditasi dalam gerak.
Selain itu, yoga memiliki efek terapis. Seorang ahli naturopati pernah mengatakan bahwa 70% penyakit itu berasal dari pikiran. Yoga membantu menyehatkan tubuh lewat pikiran. Ditambah lagi, yoga mengaktifkan semua organ tubuh agar berfungsi dengan benar. Sebab sehat bukan hanya tidak sakit, tetapi semua organ tubuh harus berfungsi dengan baik.
sumber : posmo