SEPANJANG sejarah , Bangsa Tionghoa mengadakan uji coba obat herbal pada diri mereka dan tidak menggunakan hewan sebagai sarana percobaan.
Praktisi pengobatan herbal pertama yang dikenal sejarah Tiongkok adalah Kaisar Shen Nung yang hidup sekitar tahun 2.800 Sebelum Masehi. Kaisar Shen Nung melakukan ratusan percobaan dengan obat-obatan herbal untuk pelbagai jenis penyakit. Shen Nung dihormati sebagai Bapak Pengobatan Tradisional Tionghoa. Sejumlah pakar menduga Kaisar Shen Nung juga menjadi penemu pengobatan akupuntur.
Kepercayaan adanya system Yin dan Yang berupa keseimbangan antara elemen Yin atau Perempuan dan Yang atau Lelaki turut ditemukan oleh Kaisar Shen Nung.
Legenda Tionghoa mencatat, Kaisar Shen Nung menemukan mata bajak dan menjadi orang pertama yang memulai tradisi minum teh setelah pada suatu hari daun teh kering jatuh ke dalam cawan minumnya yang berisi air panas.
Sumber : Iwan Santosa (kompas), disarikan dari The Book of Origins, karya Trevor Homer, Penguin Books, London, 2007 dan pelbagai sumber