Salon-salon kecantikan kini makin melengkapi pelayanannya yang tak hanya sekedar perawatan kulit atau tubuh saja. Perawatan daerah intim organ kewanitaan atau gurah vagina (Ms V) pun kini makin marak.
Gurah vagina adalah perawatan dengan penguapan di daerah kewanitaan yang ramuannya disebut ratus. Ramuan ratus ini terdiri dari tumbuhan herbal, rempah dan akar tumbuh-tumbuhan seperti teh hijau, cempaka, mawar, melati, yang kemudian dikeringkan.
Bukan saja membersihkan dan mengharumkan, gurah vagina juga bisa untuk menghilangkan keputihan. Asal tahu saja keputihan adalah salah satu penyebab timbulnya bau tak sedap.
Keputihan antara lain disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, dan virus. Ada juga keputihan akibat menopause. Keputihan yang parah diduga menjadi salah penyebab kemandulan dan kanker rahim.
Nah, ramuan rempah-rempah untuk gurah tersebut akan mengeluarkan wewangian sampai ke dalam vagina dan merangsang daerah vagina.
Dengan uap hangat tersebut maka akan merangsang pori-pori tersebut untuk membesar dan mengeluarkan racun serta kotoran dari dalam vagina dan menyerap aroma dari rempah-rempah tersebut.
Jika ingin melakukan gurah vagina, sebaiknya Anda melakukan massage lebih dulu sehingga tubuh akan merasa lebih rileks dan lebih bersih, lalu mandi seperti biasa.
Perawatan ini harus dilakukan dalam keadaan tubuh yang bersih. Biasanya gurah vagina dilakukan sebulan sekali jika untuk perawatan saja, namun jika mengalami keputihan yang parah bisa juga dilakukan 2 minggu sekali.
Gurah vagina di salon-salon biasanya dikenakan biaya Rp 30.000-Rp 50.000 per treatment. Jadi perawatan ini tergantung dari kebutuhan Anda.

Langkah-langkah gurah vagina
  1. Ratus dituangkan di atas mangkuk pembakar yang dibawahnya terdapat pembakaran arang.
  2. Kemudian berdiri di atas ramuan ratus yang sudah mengeluarkan uap dengan mengenakan kain penutup.
  3. Penguapan diarahkan ke organ kewanitaan.
  4. Lakukan sekitar 15-20 menit, tergantung seberapa tahan Anda berada di atas uapnya.

    Namun menurut dr Handrawan Nadesul belum ada pembuktian secara ilmiah gurah vagina akan menghilangkan keputihan. Meski begitu, dia sepakat organ kewanitaan yang bersih akan mengurangi risiko-risiko penyakit seperti keputihan.
"Sebenarnya vagina perempuan sudah bisa melindungi sendiri pertahannya, karena di vagina sudah terdapat bakteri doderline yang bisa menjaga PH di daerah vagina agar tetap asam. Jika pH nya tetap asam maka bakteri dari luar tidak dapat masuk, dan vagina terhindar dari infeksi," ujar dr Handrawan Nadesul yang dihubungi detikhealth.

Saat ini, lanjut Handrawan gurah vagina hanya menjadi tren saja dan masih harus dibuktikan lagi khasiatnya terhadap penyakit-penyakit kewanitaan.

"Jika hanya ingin mengharumkan saja tidak perlu melakukan gurah vagina, karena jika menjaga kebersihan tubuh maka vagina tidak akan mengalami masalah apa-apa, jadi sebenarnya gurah vagina ini tidak selamanya efektif," ujar dokter yang banyak menerbitkan buku-buku tentang kesehatan

Sumber : detik.com