GURAH tetes adalah pengobatan tradisional guna mengeluarkan lendir kotor berpenyakit melalui hidung & mulut. Bermanfaat sekali untuk penderita sinusitis dan gangguan saluran pernafasan lainnya.
Ada beberapa rongga di sekitar hidung kita yang istilah medisnya disebut sebagai sinus. Letak sinus ada di empat bagian, yaitu Sinus di pipi, diantar rongga mata dan hidung, di dahi dan di dasar tengkorak. Fungsi sinus adalah untuk mengatur kondisi udara, membantu keseimbangan kepala, penahan suhu dan tentunya menghasilkan lendir untuk membersihkan rongga hidung. Jika salah satu dari sinus tersebut mengalami infeksi, maka keadaan itu kita dengan penyakit sinusitis.

Demikian penuturan Drs Mahjuddin Zaidun, pengobat alternatif tradisional gurah yang ditemui POSMETRO MEDAN di tempat prakteknya di Jalan Flamboyan I Lor 3 No 13 Komplek Pemda Tk II Tanjung Selamat, Medan.

Mahjuddin juga menambahkan, gejala umum penderita sinusitis ialah demam dan lesu disertai pilek dengan lendir kental yang kadang-kadang bau dan ada yang mengalir ke tenggorokan. Selanjutnya hidung tersumbat, batuk, gangguan pendengaran, disertai rasa sakit di daerah sinus yang terkena.
"Berhubung organ di kepala saling berhubungan, maka tak heran jika mereka yang sinusitis berat bisa mengalami lendir keluar dari telinga, sakit kepala berat, bahkan infeksi bola mata," ujar Mahjuddin yang sudah melanglang buana ke Texas dan beberapa negara bagian di Amerika Serikat dalam mengembangkan pengobatan gurah ini.

Sinusitis tidak hanya bisa menyerang orang dewasa. Anak-anak juga bisa mengalaminya, sehingga orang tua perlu ekstra hati-hati. Bahkan anak sebenarnya lebih mudah terkena sinusitis daripada orang dewasa. Karena semakin kecil saluran sinus semakin mudah terjadi sumbatan. Disamping itu, sistem kekebalan tubuh pada anak-anak belum berkembang dengan baik.

Sebagai solusi tepat dan tanpa efek samping, akar sirgunggu bisa mengobati penyakit itu lewat terapi gurah.
"Gurah adalah satu sarana untuk membersihkan dan mengeluarkan kelebihan lendir yang kotor termasuk sinusitis. Caranya dengan memasukkan ramuan akar Sirgunggu ke dalam lobang hidung. Khasiat ramuan tadi akan membuat semua saraf tubuh akan beraksi menekan, mengeluarkan lendir kotor yang mengandung kuman penyakit dan juga mengandung racun," ujarnya mengakhiri.

Sumber : pos metro medan