BERHUBUNG yang namanya demam berdarah seperti menjadi penyakit 'tahunan' yang pencegahannya masih belum maksimal, ada beberapa solusi sederhana yang dibagikan untuk pengobatan. Mungkin Anda pernah ingat, jambu kluthuk kabarnya juga menjadi alternatif obat sebelum dibawa ke dokter.

Kini ada satu lagi obat sederhana, tapi punya efek cukup mujarab. Di internet, sudah banyak dibahas. Tapi saya coba untuk mengemasnya lagi supaya bisa dibagikan secara lebih luas. Siapa tahu kelak kita membutuhkannya.

Obat itu adalah  Daun ULAR. Jangan kaget, itu singkatan saja kok dari Daun UBI JALAR. Jangan salah dengan daun singkong, karena dua daun yang berbeda. Caranya pun tidak sulit:

"Ambil pucuk daun ubi jalar sebanyak porsi ikatan sayuran, rebus dengan seliter air selama lebih dari 5 menit [godok 1 jam juga bisa]. Minum sebagai pengganti air minum, berarti sekitar seliter sehari"

Menurut beberapa kesaksian kawan dan tetanga yang sudah pernah mencoba, trombosit yang sempat turun ke 80 ribu, sehari diberi rebusan daun ular, langsung naik diatas 150 ribu.

Kabarnya, obat sederhana ini dikembangkan di Philippine dan sedang populer sekali di sana dan beberapa kali menjadi topik seminar kesehatan di sana. Disana disebut 'kamote' atau 'comote'. Secara riset medis, banyak yang mengatakan kandungan yang terdapat dalam rebusan dau ubi jalar ini, bisa dpertanggungjawabkan secara ilmiah.

Di Indonesia sendiri, Daun Ubi Jalar 'amat sangat mudah' ditemukan di daerah pedesaan. Bahkan di pasar-pasar tradisional, masih banyak dijual. Persoalannya, mungkin soal gengsi atau tidak mencoba obat tradisional ini. Kalau sudah sakit, masak masih gengsi? selamat mencoba!