Ternyata, proses penuaan bisa dihambat dengan berbagai cara. Setiap orang yang pernah menjadi idola Anda mungkin sekarang sudah gemuk, keriput dan botak. Sementara seorang lainnya, dulu berperawakan gendut kini menjadi seksi, tinggi, ramping dan dandy.

 Apa yang menyebabkan perbedaan tersebut? Mungkin juga dipengaruhi gen. Namun Michael F. Roizen, M.D., Dekan Sekolah Pengobatan SUNY Upstate Medical University menuturkan, kita bisa melawan proses penuaan yang terjadi pada diri kita. Berikut beberapa cara mudah dari Roizen untuk memulai memperlambat jam hidup Anda.

  1. Minum Aspirin.
Obat ajaib ini bukan hanya membantu meredakan sakit kepala dan demam. Juga menurunkan resiko terjangkit stroke, serangan jantung, kemunduran ingatan, keriput bahkan bisa mengatasi kanker.

  1. Berhubungan Seks.
Berhubungan intim dengan pasangan setidaknya dua kali seminggu membuat Anda tambak lebih muda. Juga mengurangi stress dan dampak mengambil keuntungan dari biokimia yang timbul saat orgasme.

  1. Lakukan Floss.
Dokter gigi Anda menyarankan untuk sering-sering menggunakan dental floss agar tampak lebih muda dan membatu mencegah penyakit di wilayah gusi.

  1. Miliki binatang peliharaan.
Anjing peliharaan bisa membuat Anda awet muda. Selain jarang menderita sakit kepala, demam, ataupun infeksi kronis lainnya, pemilik binatang peliharaan cenderung terhindar dari serangan jantung.

  1. Konsumsilah Blueberries.
Berries memberikan nutrisi lebih banyak perkalori dibanding buah lainnya. Satu setengah cangkir berries memberi kita antioksidan lima kali lebih besar dibanding buah lainnya.

  1. Latihan Beban.
Latihan beban sekitar 30 menit seminggu sekali dapat memperlambat usia, juga membuat tubuh semakin kuat, lentur dan membuat kulit terlihat kencang.

  1. Bersosialisasi.
Selama kehidupan sosial Anda tidak melibatkan minum-minum yang berlebihan, pengurangan jam tidur serta mengurangi isapan rokok bisa membuat Anda tampak lebih muda.