Asma dibedakan jadi dua jenis, yakni asma bronkial dan kardial. Penderita asma bronkial, hipersensitif dan hiperaktif terhadap rangsangan dari luar, seperti debu rumah, bulu binatang, asap, dan bahan lain penyebab alergi. Gejala kemunculannya sangat mendadak, sehingga gangguan asma bisa datang secara tiba-tiba. Jika tidak mendapatkan pertolongan secepatnya, risiko kematian bisa datang.

Gangguan asma bronkial juga bisa muncul lantaran adanya radang yang mengakibatkan penyempitan saluran pernapasan bagian bawah. Penyempitan ini akibat berkerutnya otot polos saluran pernapasan, pembengkakan selaput lendir, dan pembentukan timbunan lendir yang berlebihan.

Sedangkan asma yang timbul akibat adanya kelainan jantung disebut asma kardial. Gejala asma kardial biasanya terjadi pada malam hari, disertai sesak napas yang hebat. Kejadian ini disebut nocturnal paroxymul dyspnea. Biasanya terjadi pada saat penderita sedang tidur.

Nah, bagaimana menyembuhkan asma secara alami?
caranya yakni dengan menggunakan tumbuhan Karuk. Karuk termasuk keluarga sirih-sirihan (piperaceae). Ia merupakan herba tegak dan menjalar. Tingginya 0,25 sampai 1 meter. Daun berbentuk meruncing seperti jantung, tak beda dengan daun sirih. Warnanya hijau sampai hijau muda mengkilap. Ukurannya 7-15cm x 5-10 cm, memunyai 3-7 urat daun, bertangkai 0,3-0,5 cm. Bunganya berumah satu, berbentuk tandan tegak, panjang 1-2 cm. Panjang ibu tangkai 0,5-1,5 cm, berbulu pendek, dan pelindungnya berbentuk agafcoulat, berwarna putih. Tumbuhan berkhasiat ini memunyai buah mirip berri, agak lonjong, berwama putih kehijauan.
Untuk mengobati asma, lumatkan lima lembar daun hingga menyerupai bubur, lalu campurkan dengan setengah gelas air panas. Saring, lalu, minum sehari dua kali. Biasanya, tak sampai seminggu, sesak napas yang menjengkelkan itu bakal berhenti.

Selain itu pula, asma bisa disembuhkan dengan menggunakan tanaman herbal Habbatussauda (Black Seed). Silahkan mencoba, semoga berhasil!